Pengakuan Jokowi Soal Tudingan Pakai Earphone dan Pulpen Untuk Suplai Data!

slidegossip.com - Ada yang menarik perhatian penonton saat Debat Kedua Capres Pemilu 2019 digelar pada Minggu (27/2/2019) lalu. Saat itu Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) terlihat memegang pulpen. Namun gara-gara itu pula Jokowi mendapat tudingan miring telah menerima suplai data lewat alat bantu pulpen tersebut. Tak hanya itu, Jokowi juga dituduh menggunakan earphone.

 
Jokowi dan pulpen yang dipakainya saat debat (foto: tribunnews.com)

Seperti dilansir dari kumparan.com (18/2/2019), tudingan yang kini sudah viral di media sosial itu dicirikan dengan momen ketika Jokowi memencet pulpen yang dipegangnya, lalu pada kesempatan lain ia juga mengusap telinga, seolah-olah ada alat bantu yang ia gunakan agar bisa berkomunikasi dengan pihak luar.

Menjawab tudingan tersebut, anggota Dewan Pengarah Timses Jokowi-Ma'ruf, Pramono Anung akhirnya menunjukkan pulpen yang dipakai Jokowi dalam debat tersebut. Jika diperhatikan, memang tidak ada yang istimewa dari pulpen berwarna silver dan hitam itu, apalagi sampai dianggap sebagai alat bantu Jokowi dalam debat.

Lalu apa tanggapan dari Jokowi sendiri? Merasa tak seperti yang dituduhkan, Jokowi langsung membantah kabar miring tersebut yang menurutnya hanya fitnah untuk menjatuhkannya.

"Ah, ada-ada saja. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusinlah," ucap Jokowi saat ditemui di Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019), ketika sedang meninjau program Taruna Siaga Bencana (Tagana) Masuk Sekolah (TMS).

Sambil menunjukkan pulpen yang dipakainya, Jokowi juga membantah kalau ada kegunaan lain yang lebih spesial dari pulpen tersebut. "Ini pulpen ini, ini kan? Ya buka saja. Ini jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," tegas Jokowi.
close